Domain Name System, Sudah Tahukah Anda?

Definisi: DNS menerjemahkan domain internet dan nama hosting menjadi IP address.Domain Name System secara otomatis mengubah nama yang kita ketikkan ke dalam browser address bar menjadi IP address dari hosting web server dari situs tersebut.

DNS mengimplementasikan database yang sudah didistribusi untuk menyimpan nama dan informasi alamat untuk semua hosting public dalam internet. DNS membuat IP address tidak berubah (lebih statis tidak dinamis).

Database Domain NaDNS-and-IP-Addressme System (DNS) tinggal dalam susunan database server khusus. Ketika klien seperti web browser bermasalah dan butuh melibatkan nama host internet, bagian dari software yang disebut DNS resolver (biasanya dikembangkan dalam network operating system) akan lebih dulu mengontak server DNS untuk menentukan IP address server.

Jika server DNS tidak memuat mapping yang dibutuhkan, maka server tersebut akan meminta ke server DNS lain yang ada di level atasnya dalam susunan hierarki. Setelah meneruskan dan mendelegasikan pesan yang dikirim dalam hierarki DNS, setelah itu IP address yang dituju sampai pada resolver, dan menyelesaikan permintaan ke Internet Protocol.

Domain Name System menambahkan support untuk menyembunyikan permintaan dan untuk redudansi. Network Operating System biasanya mensupport konfigurasi dari server DNS yang primer, sekunder, dan tersier, masing-masing mampu melayani permintaan inisial dari klien. ISP mengelola server DNS mereka sendiri dan menggunakan DHCP untuk secara otomatis mengkonfigurasi klien, membantu sebagian home user dari kesulitan dalam konfigurasi DNS.

Sumber : https://blog.idwebhost.com/redaksi/domain-name-system-sudah-tahukah-anda/

Posted in News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*